Review Pekan ke-29 EPL 2017/2018

Review Pekan ke-29 EPL 2017/2018

Tidak banyak yang bisa saya katakan untuk pekan ini karena memang tidak ada perubahan berarti di papan atas. Chelsea dan Arsenal sama-sama kalah pada pekan ini yang membuat hitung-hitungan top 4 makin jelas dimana nama keduanya tertinggal cukup jauh. Nama terakhir bahkan sudah tidak perlu dianggap dapat mengejar zona apapun sejak mental bertanding mereka terlihat begitu hancurnya. Ya, dengan penampilan yang lemah lesu seperti sekarang, Arsenal terancam tidak akan bisa ikut kompetisi Eropa manapun musim depan. Kecuali jika mereka bisa memenangi Europa League yang berhadiah tiket langsung ke Liga Champions, yang menurut hemat saya juga tampak mustahil terjadi.

Sementara itu, Manchester United sukses meraih kembali posisi runner up-nya setelah secara dramatis mengalahkan tuan rumah Crystal Palace setelah sebelumnya tertinggal 2 gol terlebih dulu. Mentalitas semacam inilah yang saya pikir tidak dimiliki Arsenal musim ini. Nemanja Matic membuat gol penentu kemenangan di menit akhir pertandingan dengan sangat spektakuler. Saya prediksikan gol ini akan menjadi salah satu kandidat gol terbaik EPL untuk Bulan Maret 2018.

Yang menarik sebenarnya justru terjadi di papan bawah. Kemenangan sensasional Swansea City atas West Ham United membuat tim ini langsung menjauhi zona merah. Memang belum aman, namun kalkulasi tim-tim yang akan terkena relegasi menjadi lebih sulit. Hanya West Brom yang sejauh ini tampak akan resmi tergusur terlebih dahulu. Pekan depan, Swansea akan bertandang ke markas Huddersfield Town yang kebetulan juga sedang berada dalam situasi yang sama. Boleh dibilang, partai ini akan menjadi salah satu partai hidup mati menghindari degradasi yang akan sangat seru.

Share This :