Selamat! Manchester City Juara Premier League 2017/2018

Selamat! Manchester City Juara Premier League 2017/2018
Selamat! Manchester City Juara Premier League 2017/2018

Vincent Kompany pergi ke rumah keluarga istrinya setelah kemenangan 3-1 Manchester City atas Tottenham pada Sabtu malam. Bersantai bersama keluarganya, Kompany pun menonton pertandingan antara Manchester United kontra West Brom tanpa ekpektasi berlebihan mengingat posisi kedua tim yang cukup jauh. Namun apa yang terjadi sungguh mengejutkan dan di luar perkiraan siapapun. Satu gol dari Jay Rodriguez di Old Trafford sukses mempermalukan tuan rumah sekaligus memastikan trofi juara untuk City. Dengan trofi berbau 'surprise' ini maka The Cityzens artinya sudah merengkuh gelar juara Premier League untuk ketiga kalinya dalam tujuh musim terakhir. Gelar sebagai Sang Pendominasi liga yang sebelumnya disandang MU, sepertinya sekarang sudah menyeberang ke halaman rumah tetangga.

"Saya beruntung turut andil memenangi tiga gelar bersama City di era ini, tetapi ada begitu banyak pertandingan yang saya lewatkan juga," kata Kompany. “Hari ini saya sangat senang dan saya ingin melihat bagaimana reaksi teman-teman setim saya sekarang. Saya belum pernah berhasil mempertahankan gelar sebelumnya dan saya ingin melihat apakah tim ini berhasil mewujudkan impian itu musim depan dan menjadi lebih sukses. ”

Pep Guardiola, yang mengatakan bahwa dia akan bermain golf daripada menonton pertandingan antara MU vs West Brom, sekarang dapat menambahkan medali juara Liga Premier di almari kesuksesannya, berdampingan dengan medali dari Bundesliga bersama Bayern Munich dan La Liga bersama Barcelona. Para pemain City memposting pesan perayaan di Twitter dengan Kevin De Bruyne menulis: “Musim yang luar biasa bagi kami. Sangat senang menjadi juara Premier League tahun ini.”

Konfirmasi keberhasilan menjadi jawara datang sebagai perangsang di akhir masa sulit untuk City, dimana mereka kalah dalam derby Manchester dan didepak keluar dari Liga Champions oleh Liverpool. Dengan menjadi juara EPL setelah 33 pertandingan, City sukses menyamai pencapaian MU, yang juga pernah mengamankan titel kampiun liga dengan lima pertandingan tersisa pada 2001.

Berbicara setelah kemenangan atas Tottenham yang membawanya ke ambang trofi ke-20-nya sebagai manajer, Pep Guardiola menyebutkan bahwa kemenangan atas Chelsea pada Bulan September tahun lalu adalah momen krusial yang membuatnya yakin bahwa ia bisa memenangi liga bersama City.

"Kami bermain sangat baik di banyak pertandingan," katanya. “Namun saya pikir menang di Stamford Bridge memberi kami kepercayaan diri bahwa kami bisa melakukannya. Bisa menang melawan juara bertahan memberi kami keyakinan bahwa kami bisa dan semakin yakin dengan cara kami bermain. Tetapi secara umum kami sangat stabil. Kami kebobolan gol tetapi detil terpenting bukanlah gol yang kami derita, melainkan jumlah peluang yang dipunyai lawan terhadap kami. Di setiap pertandingan itu sedikit. Kami berhasil membuat lawan gagal menciptakan banyak peluang. Itu kuncinya.”


Sepertinya, setiap tim di Premier League kini wajib khawatir. Tidak ada tanda-tanda bahwa pencapaian ini adalah puncak dari perjalanan City. Seperti yang sudah Guardiola tunjukkan, mayoritas pasukannya memiliki usia emas dan pastinya akan lebih banyak lagi investasi pemain muda yang akan menyusul di musim panas. Guardiola percaya bahwa standar yang mereka tetapkan musim ini bisa menjadi inspirasi untuk masa depan.

“Kami menang dengan banyak pemain yang begitu muda - terkadang bermain dengan pemain muda di Liga Champions itu rumit. Tapi mungkin itu pelajaran bagus untuk klub ini menatap musim depan,” katanya.

“Kami harus mencoba untuk menjadi lebih baik. Jika Anda membaca apa yang dikatakan orang-orang minggu ini, kami harus meningkatkan banyak hal. Anda menilai hasil tetapi kami tidak dapat menyangkal bahwa musim ini kami bagus. Untuk memenangkan 18 pertandingan berturut-turut, Anda harus kuat secara mental dan hari ini menunjukkan betapa kuatnya mereka. Itu penting untuk membantu kita percaya.

“Tentu saja hal yang sama belum pasti akan terjadi lagi musim depan, tetapi itu adalah target. Kami mampu melakukannya sekali dan itu berarti Anda dapat melakukannya dua kali. Kami harus mencoba musim depan menjadi lebih baik.”

Sekali lagi, Selamat untuk Manchester City menjadi juara Premier League 2017/2018. Congratulations!!!

sumber : The Guardian
Share This :