Prediksi Marseille vs Atletico Madrid, Final Europa League 2017/2018

Prediksi Marseille vs Atletico Madrid, Final Europa League 2017/2018
Prediksi Marseille vs Atletico Madrid, Final Europa League 2017/2018

Meski nama Marseille termasuk nama besar di kancah Eropa, namun sejatinya untuk sampai ke final ini mereka harus tertatih-tatih sejak babak kualifikasi ketiga. Marseille telah berhasil memenangkan delapan dari sembilan pertandingan kandang mereka di Eropa musim ini, tetapi rekor ini menjadi sangat kontras menjurus mengkhawatirkan tiap kali pertandingan dihelat di tanah netral atau kandang lawan - yakni hanya menang sekali dalam sembilan pertandingan.

Setelah menjadi runner-up di Piala UEFA 1998-99 dan 2003-04, Marseille kini telah mencapai final Liga Eropa untuk keempat kalinya. Les Phoceens saat ini duduk di posisi keempat di Ligue 1 dan satu poin di luar zona Liga Champions. Mereka harus memenangkan final ini atau merebut posisi ketiga dari Lyon pada game terakhir musim domestik jika mereka ingin tampil di kompetisi elit musim depan.

Rekor Marseille menghadapi lawan asal Spanyol bisa dibilang tak terlalu bagus. Dmitri Payet dkk hanya memenangkan empat dari 15 pertandingan UEFA mereka berbanding delapan kekalahan yang diderita. Kendati demikian, satu pengecualian adalah ketika mereka berhasil mengalahkan Athletic Bilbao kandang dan tandang di babak 16 besar di ajang ini beberapa saat lalu.

Sejak kedatangan Diego Simeone, Atletico Madrid telah dua kali memenangkan Piala Europa League. Artinya dari segi pengalaman dan mental, saya kira Atletico jauh lebih siap. Hanya saja, kali ini Simeone tidak akan mendampingi tim setelah mendapatkan hukuman akibat insiden yang melibatkannya di partai melawan Arsenal. Mungkin itu akan sedikit berpengaruh, atau bisa juga tidak berpengaruh sama sekali.

Berbanding terbalik dengan Marseille yang harus memulai kompetisi dari babak paling bawah, Atletico justru tampil di ajang ini sebagai tim buangan dari Liga Champions. Tampil buruk di babak grup Liga Champions musim ini menghukum Diego Costa cs untuk merasakan kompetisi berkasta lebih rendah. Namun dasar kelas tidak bisa berbohong, ATM sukses melenggang ke final setelah berhasil menggasak nama-nama yang cukup beken seperti FC Copenhagen, Lokomotiv Moscow, Sporting Lisbon, dan Arsenal.

Pertandingan final yang mentas di kota Lyon seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Marseille sebagai rumah sendiri. Handicap terbesar bagi Marseille adalah kenyataan bahwa ternyata belum ada satu pun tim asal Perancis yang sanggup mengangkat piala di ajang ini, bahkan saat masih bernama UEFA Cup. Sebaliknya bagi Atletico, jika memenangkan final ini mereka akan menyamai prestasi Sevilla sebagai pemegang gelar Europa League terbanyak (3 kali). Diego Simeone adalah satu-satunya manajer non-Eropa yang pernah memenangkan Liga Europa. Dan namanya jelas akan terpatri semakin dalam jika sukses menumbangkan Marseille malam nanti.

Prediksi skor Marseille vs Atletico Madrid : 0-1
(hasil : Livescore)

Share This :