Skuad Terbaik Musim 2017/2018 Pilihan Bolaitubal.com

Skuad Terbaik Musim 2017/2018 Pilihan Bolaitubal.com
Skuad Terbaik Musim 2017/2018 Pilihan Bolaitubal.com

Liga-liga besar Eropa musim 2017/2018 secara umum telah usai. Di Inggris, Pep Guardiola berhasil membawa Manchester City keluar sebagai yang terbaik dan bahkan memecahkan berbagai macam rekor seperti selisih gol terbanyak, jumlah kemenangan terbanyak dalam semusim, selisih poin terbesar dengan peringkat kedua, hingga yang paling membanggakan tentu saja, gelar Centurion, gelar yang diberikan untuk tim yang mampu mencapai poin 100 dalam semusim! Tak pelak, skuad terbaik pilihan kami kali ini tak akan jauh-jauh dari skuad besutan pelatih berkepala plontos tersebut.

Dikarenakan blog ini lebih condong ke liga utama Inggris sebagai kiblat, kami akan membagi dua skuad terbaik versi kami, yakni best eleven khusus Premier League dan best xi dari liga-liga besar Eropa. Seperti biasa, Anda boleh setuju atau tidak setuju dengan skuad pilihan kami ini karena jujur saja kami sendiri mengalami kesulitan ketika harus memilih 1 dari 2 pemain pada posisi yang sama dengan statistik yang sama baiknya. Jika pada akhirnya seorang pemain tertentu tidak kami pilih, bukan berarti dia lebih buruk. Ada banyak pertimbangan sehingga kami harus menepikan beberapa pemain yang mungkin seharusnya masuk daftar terbaik.

Baik, langsung saja mari kita mulai dari ranah Liga Inggris.

Skuad Terbaik EPL Musim 2017/2018 Pilihan Bolaitubal.com

KIPER
Kiper terbaik pilihan kami musim ini adalah Ederson Moraes dari Man City. Apa? Ya, kami tahu, ini sedikit terdengar kontroversial. David de Gea dinilai banyak orang jauh lebih layak masuk sebagai pilihan utama sejak ia berhasil meraih Golden Gloves berkat 18 clean sheet-nya musim ini. Namun, kami pikir catatan apik de Gea sedikit banyak terbantu berkat sistim permainan defensif yang diusung Jose Mourinho. De Gea juga kami nilai terlalu old fashion sebagai kiper yang hidup di masa sekarang. Kontribusinya sebagai peletak dasar serangan tim juga terbilang minim. Pada poin ini, boleh dibilang nilai de Gea cukup kalah jauh dibanding Ederson yang lebih modern. Tentu saja, mencadangkan de Gea yang lebih berpengalaman akan menjadi pilihan yang fatal. Tapi, dengan usia belia yang mampu meng-carry tim sebesar City untuk meraih status Centurion, itu juga jelas bukan pekerjaan mudah, yang nyatanya tugas berat itu berhasil diemban Ederson dengan baik.

BEK
Untuk posisi bek musim ini sedikit lebih mudah karena memang beberapa nama jauh lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Satu pos di lini ini lagi-lagi kami berikan kepada pemain City, yakni Nicolas Otamendi. Kendati demikian, untuk jenderal pertahanan akan kami berikan kepada bek Tottenham, Jan Vertonghen. Kedua nama ini, dengan konsistensinya yang luar biasa di sepanjang musim, hampir tak tertandingi oleh pemain lainnya di posisi yang sama. Untuk Bek kanan, nama Antonio Valencia dan Kyle Walker sempat masuk pertimbangan kami, namun Cesar Azpilicueta pada akhirnya kami pilih di posisi itu berkat kedisiplinannya yang mendekati sempurna. Bek kiri terbaik pilihan kami musim lalu, Marcos Alonso, kali ini harus rela menyerahkan posisinya pada Nacho Monreal. Oke, ini lagi-lagi akan dapat menimbulkan kontroversi. Namun, pemilihan Monreal bukan tanpa perhitungan. Kita semua tahu musim ini adalah salah satu musim terburuk Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger. Di sinilah peran Monreal menjadi sangat signifikan untuk tetap menjaga Arsenal berada di papan atas. Kegigihannya baik dalam menyerang maupun bertahan, meski di usia yang tidak lagi dapat dibilang muda, layak mendapatkan apresiasi yang setinggi-tingginya.

GELANDANG
Dengan formasi 4-3-3 yang kami jadikan patokan untuk memilih pemain terbaik EPL kali ini, 3 gelandang terbaik tidak bisa tidak akan kami berikan kepada City's Triangle, Fernandinho, Kevin de Bruyne dan David Silva. Ketiga pemain ini terbukti mampu membentuk semacam sinergi yang aduhai yang membawa City ke (mungkin) era keemasannya. Nama Fernandinho bisa diperdebatkan sejak perannya sebagai filter pertama pertahanan boleh dibilang bukanlah yang terbaik. Bahkan statistik defensif Aaron Mooy masih lebih baik dari Fernandinho. Kami melihat peran Fernandinho bukan sebagai gelandang tukang angkut air semata, namun lebih ke deep lying playmaker. Ya, seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, Fernandinho ternyata mampu menjadi pembagi bola bayangan brilian yang justru jarang terdeteksi oleh lawan. Dengan kemampuannya ini, baik de Bruyne maupun David Silva menjadi lebih leluasa dalam mendikte lawan. Yang kami cukup sesalkan dari bagusnya lini tengah City musim ini, adalah kami harus meninggalkan banyak nama-nama hebat, seperti Eden Hazard, Christian Eriksen, ataupun Paul Pogba.

PENYERANG
Untuk pos ini ternyata lebih mudah lagi karena dengan formasi 4-3-3, pilihan menjadi sangat simple. Mohamed Salah, Harry Kane dan Raheem Sterling sudah pasti menjadi pengisi pos penyerang utama versi kami. Benar-benar hampir tanpa perdebatan. Bahkan jika Anda mengungkit Kane yang sempat melempem di beberapa laga atau kasus 'klaim gol'-nya yang sempat menjadi perbincangan beberapa saat lalu, tetap tak menutup kenyataan bahwa Kane masihlah ujung tombak terbaik di EPL saat ini. Lain cerita andai Sergio Aguero mendapatkan privilege dari Pep Guardiola, yang sayangnya itu tak pernah terjadi. Dengan ini, Kane menjadi 1 dari hanya 3 pemain yang kembali masuk Best XI versi kami 2 kali berturut-turut.

Best Starting XI EPL musim 2017/2018 versi Bolaitubal.com


Untuk Best Eleven tandingan, kami memilih penampil-penampil terbaik dari 4 liga besar lainnya yakni Serie A, Bundesliga, La Liga dan Lique 1. Hampir sama seperti best XI EPL, nama-nama yang kami pilih musim ini lumayan jauh berbeda jika dibandingkan musim lalu, dimana artinya konsistensi menjadi barang yang mahal dewasa ini. Beberapa nama yang kami masukkan di daftar ini mungkin masih jauh dari sempurna, namun sedikit banyak kami telah melakukan survei yang dapat dipertanggungjawabkan. Jika ada beberapa nama yang terlewat, silakan Anda usulkan di kolom komentar.

Best Starting XI Top 4 European Leagues 2017/2018 versi Bolaitubal.com



Nah, itulah Skuad Terbaik Musim 2017/2018 Pilihan Bolaitubal.com. Andai kedua tim ini diadu, tim mana yang menurut Anda akan menang? 😁
Share This :