Prediksi Argentina vs Kroasia, 21 Juni 2018

Prediksi Argentina vs Kroasia, 21 Juni 2018
Prediksi Argentina vs Kroasia, 21 Juni 2018

Kisah perjalanan Argentina di laga pembuka Piala Dunia 2018 sepertinya akan tercatat sebagai salah satu sejarah yang terkenal. Sang runner-up di edisi Piala Dunia sebelumnya ini gagal menaklukkan peserta dengan jumlah populasi terkecil yang pernah lolos ke Piala Dunia. Kegagalan Lionel Messi mengeksekusi pinalti kemudian hanya menambah bumbu derita bagi La Albiceleste.

Sebenarnya hasil imbang melawan Islandia bukanlah sesuatu yang sangat mengejutkan. Jika dirunut sedikit ke belakang, Argentina sejatinya tak pernah bermain baik meski mampu mencapai babak final Piala Dunia 2014. Mereka juga terseok-seok di babak kualifikasi dan hampir saja gagal meraih tiket ke Rusia. Sebaliknya, Islandia mencatat penampilan impresif dari tahun ke tahun, terutama yang paling terkenal bagaimana mereka menyingkirkan Inggris di Piala Eropa 2016. Kendati demikian, tetap saja, gagal menaklukkan negara 'kecil' membuat beban Argentina kini terasa lebih berat.

Menghadapi Kroasia yang di atas kertas jauh lebih tangguh daripada Islandia, Jorge Sampaoli harus putar otak demi menghindari hasil yang jauh lebih buruk. Kabar baiknya, sejak 1974, Argentina tidak pernah gagal membukukan minimal 1 kemenangan di 2 game awal babak grup. Fakta ini bisa mereka jadikan pemacu semangat positif menghadapi laga ketat malam nanti.

Yang menarik, Kroasia juga memiliki catatan yang tak kalah impresifnya. Di sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia, ternyata Kroasia belum pernah mengalami kekalahan di laga kedua. Hanya saja, catatan ini juga dibantah fakta lainnya bahwa Kroasia sangat jarang berhasil membukukan kemenangan back-to-back. Apakah itu artinya pertandingan akan berakhir imbang? Kemungkinan untuk itu sangat besar.

Kemenangan Kroasia atas Nigeria di laga perdana mereka sebenarnya juga tak bisa dibilang impresif. Meski skor akhir tercatat 2-0, namun gol-gol Kroasia 'hanya' tercatat atas nama gol bunuh diri dan gol pinalti oleh Luca Modric. Kenyataan yang lebih parah, Kroasia hampir saja tak membukukan satu pun shot on target (tanpa menghitung pinalti) sampai menit 90. Itu artinya, pasukan Zlatko Dalic memiliki kesulitan membuat gol lewat open play. Ini tentu menjadi berita bagus untuk Messi dkk.

Rekor pertemuan Kroasia dengan tim-tim dari Amerika Latin ternyata juga tak terlalu baik. Bahkan bisa dibilang sangat buruk. Dari 4 kali kesempatan bertemu tim Amerika Latin di ajang Piala Dunia, The Blazers selalu kalah. Termasuk satu diantaranya melawan Argentina juga. Untuk prediksi kali ini, saya akan memakai data head 2 head ini sebagai acuan.

Prediksi skor Argentina vs Kroasia : 2-1
(Lionel Messi scores at any time)
- hasil : Livescores -

Share This :