Panduan Singkat Game Fantasy Premier League Untuk Pemula

Panduan Singkat Game Fantasy Premier League Untuk Pemula
Panduan Singkat Game Fantasy Premier League Untuk Pemula

Mungkin banyak diantara Anda yang belum pernah mendengar tentang game Fantasy Premier League (FPL) apalagi memainkannya, namun di setiap akhir pekan telinga Anda selalu panas mendengar ocehan demi ocehan teman-teman Anda yang begitu berisik dan kadang melihat mereka beradu argumen dengan hebat membicarakan siapa yang lebih hebat antara Mohamed Salah ataupun Harry Kane. Atau mungkin justru Anda-lah sang maha expert FPL yang selalu sibuk memberi penjelasan panjang lebar kepada rekan-rekan Anda yang tidak mengerti untuk memastikan bahwa mereka mau mendaftar ke liga mini Anda.

Siapapun Anda, kami harap panduan komprehensif ini dapat menjadi buku saku untuk Anda semua yang ingin mengetahui seluk beluk permainan FPL secara ringkas.

Apa itu Fantasy Premier League?
Fantasy Premier League adalah game yang memberi Anda peran sebagai seorang manajer fantasi. Anda diberi tugas untuk membentuk skuad yang terdiri dari 15 orang pemain sepakbola dari dunia nyata yang akan mencetak poin untuk skuad Anda tersebut berdasarkan penampilan mereka dalam pertandingan Liga Utama Inggris.

Bagaimana cara memilih pemain untuk tim atau skuad saya?
FPL memberikan Anda anggaran senilai £ 100 juta di awal permainan yang dapat Anda belanjakan untuk membangun skuad Anda. Jika Anda baru dalam permainan ini, anggaran ini mungkin tampak sangat banyak dan murah hati. Tetapi setelah Anda melihat daftar harga pemain dan mulai memilih, Anda akan mulai menyadari bahwa anggaran Anda dimakan dengan cepat, dan Anda akan tahu bahwa pemain terbaik dengan kemampuan mencetak gol tinggi akan dihargai sangat mahal.

Skuad Anda akan terdiri dari 15 pemain, tetapi hanya 11 yang harus Anda tentukan masuk di starting line-up setiap minggu, terserah Anda untuk memutuskan siapa empat pemain tersisa yang akan duduk di bangku cadangan. Keempat pemain ini nantinya dapat bermain (dan mendapatkan poin) jika anggota starting line-up Anda tidak bermain di dunia nyata.

Dapatkah saya mengubah daftar pemain setelah saya memilihnya?
Sebelum dimulainya musim Liga Primer, Anda dapat melakukan transfer atau bongkar pasang pemain dalam jumlah tak terbatas asalkan nilai skuad Anda tidak melebihi anggaran £ 100 juta. Namun, begitu tenggat waktu pertama (pekan pertama EPL) telah berlalu, Anda dibatasi pada satu transfer gratis setiap pekan. Jika Anda tidak menggunakan jatah transfer gratis ini, maka Anda akan memiliki dua transfer gratis di Gameweek berikutnya. Jatah 2 transfer gratis adalah jatah transfer gratis terbanyak karena Anda tidak dapat mengumpulkan 3 atau lebih jatah transfer gratis.

Selain itu, Anda diizinkan untuk melakukan transfer lebih banyak dari jatah transfer gratis, tetapi Anda akan dikenakan biaya atau pengurangan empat poin untuk setiap 1 transfer di luar jatah gratis Anda untuk gameweek bersangkutan. Batas waktu untuk setiap Gameweek selalu satu jam sebelum waktu kick-off dari pertandingan pertama pekan tersebut.

Bagaimana cara saya mengalokasikan anggaran?
Untuk menjaga keseimbangan dalam skuad Anda, yang terbaik adalah membagi anggaran Anda secara merata di empat posisi yang tersedia: penjaga gawang, bek, gelandang dan pemain depan. Idealnya, Anda tidak membeli lebih dari dua aset premium per posisi, dan akan lebih baik lagi jika mengisi skuad Anda dengan pemain yang lebih murah namun merupakan pemain-pemain penting bagi klub-klub yang lebih kecil.

Di satu waktu, pemain Anda mungkin saja akan mendapatkan cedera, skorsing, dan atau kehilangan form, dan jika Anda mengambil langkah untuk memilih tim yang lebih seimbang dalam hal biaya, Anda mungkin akan merasa lebih mudah untuk memperbaiki setiap lubang. Idealnya, Anda perlu membidik situasi di mana transfer 'satu untuk satu' akan cukup untuk memperbaiki masalah yang mungkin Anda hadapi. Berinvestasi besar di satu area tim dan kemudian cukup sial untuk menghadapi masalah di area itu, dapat membuat Anda kelebihan saldo yang akan terbuang tanpa menggunakan transfer tambahan di area lain di tim Anda.

Oke, jadi pemain mana yang mesti saya pilih?
Karena ada banyak pemain yang tersedia di FPL, ada banyak kombinasi yang dapat diciptakan. Pada tahap awal musim, lebih sulit untuk mengatakan aset mana yang paling penting. Ibarat memulai hitungan dari nol, semua pemain bernilai jual sama dan semuanya juga memiliki peluang yang sama untuk berhasil ataupun gagal. Mungkin Anda memerlukan bantuan google dan menemukan apa yang terasa tepat untuk Anda. Percayalah, ada banyak sekali referensi di luar sana yang layak dijadikan acuan.

Bagaimana Cara Saya Mendapatkan Poin?
Ada banyak cara berbeda untuk mencetak poin di FPL, dengan gol, assist dan juga saves maupun clean sheets. Di bawah ini adalah grid yang merinci bagaimana skor yang diperoleh pemain dari berbagai posisi.


Apakah saya dapat kehilangan poin?
Sayangnya, ya, selain pengurangan poin karena aturan transfer, ada beberapa cara sebuah tim dapat kehilangan poin karena aksi pemain di atas lapangan. Berikut adalah rinciannya.


APA ITU CHIPS?
Penjelasan mudahnya, Chip adalah bantuan yang diberikan kepada para manajer fantasi untuk dapat meningkatkan perolehan poin setiap pekannya. Ada empat jenis chip berbeda yang dapat digunakan yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda-beda pula. Berikut penjelasan singkatnya.

Wildcard - Wildcard memungkinkan Anda untuk membuat transfer dalam jumlah tak terbatas di Gameweek berapapun yang Anda inginkan tanpa menimbulkan pengurangan poin. Anda memiliki dua kesempatan sepanjang musim untuk memakai chip jenis ini. Wildcard pertama dapat digunakan kapan saja sebelum atau hingga tanggal 29 Desember (sebelum masa tenggat gameweek terakhir di Bulan Desember), sedangkan yang kedua hanya dapat digunakan setelah tanggal tersebut.

Triple Captain - Ah, saya hampir lupa menjelaskan. Dalam setiap gameweek dimana Anda menyusun 11 pemain dalam starting line-up Anda, Anda diharuskan juga memilih kapten dan wakil kapten tim. Pemain yang Anda pilih sebagai kapten, poinnya akan dikalikan 2, sedangkan wakil kapten hanya akan mendapatkan poin ganda jika Kapten utama Anda tidak bermain. Satu kali dalam semusim, Anda bisa menggunakan chip Triple Captain ini. Sesuai namanya, jika chip ini diaktifkan, maka poin kapten Anda akan dikalikan tiga kali lipat.

Bench Boost - Biasanya Anda dipaksa untuk menempatkan empat pemain Anda di bangku cadangan (dimana poin pemain tidak dihitung), tetapi chip Bench Boost memungkinkan Anda untuk, lagi-lagi hanya satu kali dalam satu musim, menambahkan poin dari pemain cadangan Anda ke poin keseluruhan Anda di gameweek bersangkutan kapanpun Anda menggunakannya.

Free Hit - Penjelasan lebih lengkap tentang chip ini dapat dilihat di sini. Catatan tambahan, jika Anda menggunakan chip Wildcard atau Free Hit ini, maka andai Anda memiliki tabungan 2 transfer gratis, tabungan Anda itu akan hangus dan kembali menjadi 1 transfer gratis seperti biasanya di pekan berikutnya.

Apa yang harus saya lakukan jika pemain saya cedera atau diskors?

Anda perlu aktif mencari informasi terhadap cedera atau skors dengan cepat. Pantau apakah lukanya serius atau tidak, pantau apakah skors yang diterima pemain Anda itu berlaku dalam jangka waktu lama atau tidak. Jika seorang pemain diprediksi akan terus cedera dalam 2-3 minggu misalnya, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggantikannya karena ini bisa berarti absennya pemain tersebut dalam 3-4 minggu karena ia harus mendapatkan kembali kebugaran dan stabilitas performanya.

Kapan saya perlu mengambil (transfer) pemain baru untuk tim saya?
Adapun form pemain, ini akan berfluktuasi sepanjang musim. Jangan mudah tergoda oleh penampilan satu pekan yang mengagumkan. Carilah pemain yang sekiranya tampil stabil dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya, secara rutin memberikan poin (meski tidak selalu besar), maka pemain jenis itu layak untuk Anda masukkan ke dalam tim Anda.

Di luar sana, pasti ada banyak informasi yang dapat Anda saring dan Anda gunakan sebagai patokan penting untuk menyusun tim terkuat versi Anda sendiri. Kami sendiri dari bolaitubal.com memang tidak dapat menjanjikan akan memberikan informasi yang up-to-date setiap pekannya, namun kami senantiasa akan selalu dan sebisa mungkin hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Anda siapapun yang ingin memainkan permainan ini. Akhir kata, selamat bermain! 😉

sumber : Fantasy Football Scout

Share This :