10 Tips Membangun Skuad FPL yang Tangguh dari Para Master

10 Tips Membangun Skuad FPL yang Tangguh dari Para Master
10 Tips Membangun Skuad FPL yang Tangguh dari Para Master

Seperti yang sudah beberapa kali saya singgung di posting lain di blog ini, ada banyak sekali cara memilih pemain ataupun membangun skuad FPL kita yang kuat. Berikut kami rangkumkan 10 Tips yang disaring dari petuah para jawara-jawara FPL terdahulu, beserta tambahan dari orang-orang yang sangat kompeten dan sudah bergelut dengan dunia Fantasy Premier League cukup lama. Ini dia.

1. Jangan Memakai 2 Kiper Premium!
Mungkin poin ini sudah banyak yang menyadari, terlebih tentu saja berkat keterbatasan dana. Pilihlah 1 kiper yang akan Anda jadikan sebagai kiper utama sepanjang musim, berharga premium, dan 1 kiper cadangan yang, kalau bisa, paling murah namun tetap jadi pilihan utama di tim kecil. Apa kriteria untuk memilih kiper utama? Mudah saja, pilihlah kiper yang musim lalu, dan beberapa musim sebelumnya, memiliki rata-rata minimal 10 clean sheets. Memilih kiper, sangat dianjurkan untuk tidak memakai lebih dari £10 juta.

Jika Anda tidak ingin memakai kiper premium, Anda bisa memilih 2 kiper berharga medium yang dapat Anda rotasi sesuai jadwal mana yang sekiranya lebih mudah.

2. Jangan Menaruh Pemain Mahal di Bench!
Karena hanya ada 11 pemain yang dapat digunakan dalam setiap pekan pertandingan, akan terasa sangat sia-sia memiliki pemain berharga £6 juta atau bahkan lebih di bangku cadangan. Pemain cadangan kemungkinan besar tidak akan tampil kecuali 1 dari 11 pemain starter Anda ada yang tidak main. Jangan berpikir terlalu muluk bahwa pemain cadangan akan dapat menolong poin keseluruhan Anda. Cukup dapat 2 poin dari mereka saja sudah bagus. Lagi-lagi, untuk tips paling baik dari poin ini, carilah pemain berharga murah namun merupakan pilihan utama di tim kecil.

3. Jangan Terlalu Ambil Risiko!
Risiko yang dimaksud di sini adalah tentang firasat. Seringkali, ketika kita menyukai seorang pemain, dengan firasat yang terasa sangat nyata kita menganggap pemain itu adalah pilihan kapten yang tepat di tim yang kita bentuk. Firasat semacam ini, seringkali membuat kita tak menghiraukan fakta-fakta minor yang bisa saja memengaruhi pemain.

Percayalah, peluang seleksi berdasarkan perasaan Anda seringkali terbayar jauh lebih kecil daripada memilih opsi yang sudah dicoba dan dipercaya (oleh para Master). Ambil contoh Sigurdsson (£7,5 juta). Di empat musim terakhirnya, Sigurdsson telah mencetak 96 (sebagian besar waktunya musim lalu diisi dengan cedera), 181, 158 dan 154 poin. Namanya adalah jaminan poin kecuali saat cedera tentunya. Bandingkan dengan Yarmolenko (£7 juta) dari West Ham, sang pendatang baru di EPL. Ya, rekornya di Dynamo Kiev sangat mengesankan (137 gol dan 90 assist dalam 340 penampilan). Dengan firasat dan keyakinan yang sangat nyata, terlebih jika Anda adalah penikmat Liga Ukraina, faktor semacam ini dapat membunuh Anda.

Oke, ini mungkin terkesan sedikit meremehkan padahal mereka adalah pemain bintang. Tetapi kami tidak memiliki data yang dapat diandalkan yang menyatakan bahwa pemain jenis ini pasti akan sukses. Faktanya, sebagus apapun mereka di liga lain, kontribusinya untuk EPL adalah 0 (nol). Prinsip yang hampir sama dapat diterapkan untuk pemain dari tim-tim promosi. Kendati demikian, selalu ada pengecualian. Anda harus sabar menunggu sampai batas waktu tertentu untuk menemukan another Mohamed Salah, yang musim lalu langsung sukses menjadi pemain terbaik EPL begitu datang dari Liga Italia. Pertanyaannya, ada berapa persen 'pendatang' yang bisa sukses seperti Salah?

Halaman 1
1 2 3
Share This :