Prediksi Tottenham Hotspur vs Liverpool, 15 September 2018

Prediksi Tottenham Hotspur vs Liverpool, 15 September 2018
Prediksi Tottenham Hotspur vs Liverpool, 15 September 2018

Dengan Sadio Mane menjadi top skorer sementara untuk Liverpool, timbulah satu pertanyaan yang sangat mengganggu di benak setiap orang. Apakah performa Mohamed Salah menurun? Jika Anda adalah seorang pemain FPL, membuang atau mempertahankan Salah menjadi keputusan yang sama sulitnya. Beruntung bagi Liverpool, kebingungan ini kemungkinan besar juga akan menerpa manajer Tottenham, Mauricio Pochettino.

Bermain di dua sisi yang berbeda, menjaga Mane dan Salah tentu akan sama repotnya. Jika Pochettino seperti orang kebanyakan yang menganggap bahwa performa Salah sedikit menurun sejak cedera dari insiden final Liga Champions musim lalu, maka Tottenham bisa saja akan menghadapi badai besar. Kenyataannya, bukan Salah yang menurun performanya, melainkan Juergen Klopp yang mengubah taktik permainan Liverpool.

Banyak mata menganggap Salah kini lebih banyak "diam" ketimbang Mane yang tampil sebagai protagonis tim. Namun angka-angka statistik justru menunjukkan hal sebaliknya. Salah menciptakan peluang hampir dua kali lipat yang dilakukan Mane per 90 menit, menikmati lebih banyak sentuhan di kotak pinalti lawan dan melakukan lebih banyak tembakan dibandingkan jumlah pertandingan yang sama musim lalu.

Satu alasan paling masuk akal dari tampak "menurunnya" Salah adalah Klopp menerapkan taktik menyerang secara frontal dari hanya satu sisi lapangan, yakni sisi kiri, sisi yang tidak ditempati Salah. Taktik semacam ini belakangan menjadi tren tersendiri karena dengan mengeksploitasi serangan dari satu sisi saja, secara otomatis akan membuat lawan berkonsentrasi penuh terhadap sisi tersebut, dan membuat lemah sisi yang lain. Inilah yang membuat sisi kiri Liverpool, yang diisi trio Mane-Keita-Robertson menjadi tampak lebih aktif.

PR besar bagi Pochettino untuk menghadapi taktik ini. Musim lalu di Wembley Stadium, Tottenham untuk pertama kalinya berhasil mengalahkan Liverpool dalam 11 pertemuan terakhir. Itu artinya, secara tradisional Tottenham memang kesulitan menghadapi The Reds. Pochettino kemungkinan besar akan menurunkan starting line-up yang sama ketika mengalahkan Manchester United, yakni memasang Harry Kane, Dele Alli dan Lucas Moura sebagai trio penyerang. Jika benar kedua tim memainkan taktik seperti yang telah disebutkan ini, seharusnya pertandingan akan berakhir dengan banyak gol karena keduanya akan bermain terbuka.

Sepanjang sejarah Liga Inggris, Liverpool ternyata hanya 2 kali saja mampu memenangkan 5 partai awalnya. Momen itu terjadi di musim 1978/1979, dan satu lagi di musim 1990/1991 di bawah asuhan King Kenny. Dengan sudah memenangi 4 partai awal musim ini, The Reds berpeluang untuk menyamai pencapaian terbaik mereka. Hanya saja, sejak ditukangi Klopp, Liverpool belum pernah bisa menang saat berlaku sebagai tamu ke rumah Tottenham. Idealnya, pertandingan akan berakhir dengan hasil imbang. Namun taktik baru Klopp mungkin akan mampu mengejutkan tuan rumah.

Prediksi skor Tottenham vs Liverpool : 1-2
(hasil : Flashscore)
Share This :