Strategi Pemakaian Chip untuk Blank dan Double Gameweek FPL 2018/2019

Strategi Pemakaian Chip untuk Blank dan Double Gameweek FPL 2018/2019
Strategi Pemakain Chip untuk Blank dan Double Gameweek FPL 2018/2019

Kemenangan Manchester United atas Chelsea di Piala FA beberapa waktu lalu telah mengesahkan bahwa gameweek ke-31 nantinya hanya akan diisi dengan 5 pertandingan, yang biasa kita kenal dengan sebutan blank gameweek atau disingkat BGW. Menariknya, BGW di pekan ke-31 bakal langsung diikuti dengan double gameweek (DGW) di pekan berikutnya yaitu pekan ke-32, dan kemudian diikuti dengan BGW lagi di pekan ke-33 sebagai imbas dari babak lanjutan Piala FA, hingga akhirnya kemungkinan besar akan ada lagi DGW di pekan ke-35.

Ada 3 strategi populer yang banyak dibicarakan oleh para pakar FPL di seluruh dunia dalam menghadapi situasi BGW-DGW-BGW-DGW ini. Berikut kami rangkumkan ketiga strategi tersebut seperti yang kami kutip dari laman situs Fantasy Footbal Scout.

STRATEGI 1
Persiapkan tim untuk Gameweek 31 dan 33, Pakai Free Hit di Gameweek 32, Pakai Wildcard di Gameweek 34, lalu Bench Boost atau Triple Captain di Gameweek 35.
Strategi ini bisa jadi adalah strategi yang paling populer dan kemungkinan juga digunakan oleh para Top 100 dunia. Inti dari strategi ini adalah kita sudah mempersiapkan skuad kita sejak jauh-jauh hari demi menghadapi BGW di pekan ke-31 yang sudah pasti hanya akan diisi 5 partai saja (jadwal tim mana saja yang bertanding dapat Anda lihat di situs official FPL).

Mengapa strategi ini sangat populer? Karena dengan mempersiapkan skuad untuk BGW 31, dimana BGW 33 kemungkinan diisi oleh tim-tim yang sama, kita dapat memaksimalkan DGW 32 dengan memakai chip Free Hit kita. Selain itu, strategi ini juga disinyalir sebagai strategi terbaik dan paling mudah untuk menghadapi situasi BGW ataupun DGW di pekan-pekan berikutnya.

Apakah strategi ini memiliki kelemahan? Tentu saja ada, yaitu skuad kita sebelum BGW 31 kemungkinan besar menjadi tidak sebaik skuad mereka yang tidak memilih memainkan strategi ini. Kelemahan lainnya, karena sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, skuad kita menjadi rentan terhadap cedera. Selain itu, strategi ini juga membuat kita tidak dapat memakai Bench Boost ataupun Triple Captain di pekan ke-32, pekan dimana DGW-nya adalah yang paling banyak, bisa maksimal 2x10 pertandingan.

STRATEGI 2
Persiapkan tim untuk Gameweek 31, Pakai Wildcard di Gameweek 32, Pakai Free Hit di Gameweek 33, lalu Bench Boost atau Triple Captain di Gameweek 35.
Pemakaian Wildcard di pekan ke-32 berarti kita menyiapkan tim untuk pekan ke-34 dan seterusnya. Keunggulan dan kekurangan dari strategi ini kurang lebih hampir sama dengan Strategi 1 di atas. Hanya saja, dalam strategi 2 ini kita dapat memaksimalkan poin kita di BGW 33 karena sejatinya, sampai saat tulisan ini saya muat, partai apa saja yang tidak bermain di pekan ke-33 masih belum 100% (kecuali partai Wolves vs Manchester United yang sudah pasti tidak dimainkan).

Kekurangannya, karena Wildcard sudah dipakai di pekan ke-32, untuk menuju DGW 35 mungkin akan ada banyak kendala seperti pemain cedera, yang sebenarnya masih bisa diperdebatkan juga. Dalam beberapa sudut pandang, bisa jadi strategi 2 ini malah lebih efektif ketimbang strategi pertama di atas.

STRATEGI 3
Pakai Free Hit di Gameweek 31, Persiapkan tim untuk Gameweek 32 dan pakai Bench Boost atau Triple Captain, Pakai Wildcard di Gameweek 34, lalu Pakai Bench Boost atau Triple Captain lagi di Gameweek 35.
Jika dua strategi sebelumnya fokus untuk membangun tim menuju BGW 31, maka di strategi ke-3 ini manajer diharuskan untuk fokus di pekan ke-32, dimana DGW-nya adalah yang paling maksimal. Kelebihan dari strategi ini adalah kita dapat memaksimalkan pemakain baik chip Bench Boost maupun Triple Captain di dua DGW yakni DGW 32 dan DGW 35. Dengan fokus membangun skuad untuk pekan ke-32, para manajer juga disinyalir dapat memaksimalkan budget dan tetap memakai pemain-pemain yang populer seperti Doherty, Pogba dan atau pemain-pemain dari Manchester City.

Kelebihan lainnya tentu saja kita dapat memaksimalkan poin kita di pekan ke-31 karena pekan ini dalah pekan BGW yang paling banyak.

Kelemahan dari strategi ini, manajer akan mendapat kesulitan di BGW 33 karena chip Free Hit sudah terpakai di pekan ke-31. Dengan partai Wolves vs MU yang sudah pasti tidak bermain di pekan ke-33, manajer manapun yang memiliki aset pemain dari kedua klub tersebut jelas akan menghadapi pukulan yang paling tidak menyenangkan. Memakai Wildcard di pekan ke-33 juga bukan opsi yang baik karena dengan performa saat ini, lagi-lagi aset penting Wolves dan MU akan susah untuk disingkirkan begitu saja.

Itulah Strategi Pemakain Chip untuk Blank dan Double Gameweek FPL 2018/2019 yang mungkin bisa Anda terapkan untuk skuad Anda. Kendati demikian, sejatinya tidak ada hal yang betul-betul benar dan betul-betul salah dalam pemakain chips di FPL. Kasusnya selalu sama, setiap skuad dan strategi memiliki keunikannya sendiri-sendiri dan strategi yang cocok dipakai orang lain belum tentu cocok untuk Anda pakai.

Musim lalu, Yusuf Shiekh memakai Wildcard di pekan ke-25, Bench Boost di pekan ke-37, dan Triple Captain di pekan ke-38, strategi yang sukses mengantarkannya menjadi juara dunia FPL. Perlu Anda tahu, strategi itu sedikit berlawanan dengan strategi BGW-DGW umum yang saat itu populer dipakai. Jadi, semuanya benar-benar tergantung Anda dan skuad Anda sendiri. Ketiga strategi di atas mungkin di atas kertas adalah yang terbaik saat ini, namun jika Anda merasa Anda memiliki strategi yang lebih baik, maka yakinlah dengan hal itu.
Share This :