Prediksi Chelsea vs Arsenal, Final Europa League 2018/2019

Prediksi Chelsea vs Arsenal, Final Europa League 2018/2019
Prediksi Chelsea vs Arsenal, Final Europa League 2018/2019

Musim 2018-19 secara tak disangka-sangka menjadi penanda yang mengesankan bagi tim Liga Premier di kancah Eropa. Liverpool dan Tottenham Hotspur akan bertarung di final Liga Champions akhir pekan nanti, sementara di Azerbaijan derby London akan digelar, karena Chelsea dan Arsenal berhasil maju ke babak final Europa League pada Rabu malam.

Chelsea akan mencari jalan untuk mengangkat trofi EL untuk kedua kalinya, setelah memenangkannya pada musim 2012-13. Meski tidak bisa dibilang membanggakan, perjalanan The Blues musim ini boleh dibilang cukup solid. Pasukan Maurizio Sarri berhasil finis di tempat ketiga di Liga Premier dan berhasil mencapai final Piala Carabao juga meski tidak bisa memenanginya. Dan Europa League menawarkan mereka untuk mengakhiri musim dengan kemenangan, yang akan menjadi trofi pertama dari karir manajerial Sarri.

Jalan Chelsea ke final EL tahun ini terhitung cukup mudah. Eden Hazard dkk berhasil memuncaki Grup L, lalu 'hanya' bertemu tim-tim seperti Malmo, Dynamo Kyiv dan Slavia Praha di babak sistem gugur. Tak heran jika status mereka di turnamen sejauh ini adalah unbeaten. The Blues baru dipaksa bekerja keras oleh Eintracht Frankfurt di semi final, dan hanya beruntung karena akhirnya menang melalui adu penalti.

Sementara keikutsertaan Chelsea di Liga Champions musim depan sudah dikonfirmasi, satu-satunya jalan bagi Arsenal untuk dapat tampil di ajang paling bergengsi tersebut hanya akan terwujud jika mereka menjadi yang terbaik di Baku nanti malam. Seperti kita tahu, The Gunners hanya mampu finish di urutan kelima di Liga Premier dalam debut Unai Emery sebagai manajer di EPL.

Arsenal memuncaki babak grup Europa League dengan relatif mudah, tetapi tiba-tiba saja memasuki fase buruk dan dipaksa bekerja keras di babak sistem gugur karena sempat kalah dari BATE Borisov dan juga Rennes. Namun, mereka berhasil menemukan mojo mereka di tahap berikutnya, mengalahkan para favorit juara lainnya, Napoli dan Valencia, masing-masing dengan selisih gol yang cukup mencolok, untuk kemudian mengadakan kontes derby di Baku.

Kedua tim berhasil saling mengalahkan dalam kampanye 2018-19. Dan menjelang pertemuan ketiga dan paling penting mereka musim ini, Siapa yang kira-kira akan keluar sebagai yang terbaik?

Data & Fakta

>> Pertemuan antara Arsenal dan Chelsea hanyalah final kedua antar sesama tim Inggris di ajang Piala UEFA maupun Europa League, dengan kesempatan pertama terjadi pada 1972 yang mempertemukan Tottenham Hotspur dan Wolves.

>> Pertandingan final di Baku nanti akan menjadi pengalaman final keenam kalinya baik bagi Arsenal maupun Chelsea di kompetisi utama UEFA. Liverpool (14) dan Manchester United (7) adalah klub-klub Inggris yang berhasil mencapai final di Eropa lebih banyak dari keduanya.

>> Terakhir kali kedua tim bertemu di kompetisi Eropa adalah di perempat final Liga Champions musim 2003-04. Chelsea lebih baik dari Arsenal saat itu, mengalahkan mereka dengan agregat 3-2.

>> Arsenal telah kalah empat dari lima final Eropa mereka, sedangkan Chelsea justru tepat sebaliknya, memenangkan empat dari lima final Eropa mereka. Lucunya, kedua manajer memiliki rekor yang saling bertolak belakang juga, dimana Sarri belum pernah memenangkan kejuaraan mayor apapun, sementara Unai Emery justru sering menang jika sudah mencapai final.

Berita terakhir, N'golo Kante hampir dapat dipastikan akan absen karena cedera. Ini jelas pukulan besar untuk Chelsea. Ditambah dengan pengalaman Emery untuk memenangkan partai krusial, pertandingan ini seharusnya dapat dijadikan pijakan The Gunners untuk menemukan jalan kejayaan mereka yang telah lama hilang.

Prediksi Chelsea vs Arsenal : 1-2
(hasil : Flashscore)
Share This :