Premier League Mungkin Tidak Menjadi Lebih Ramah Untuk Tim Promosi

Premier League Mungkin Tidak Menjadi Lebih Ramah Untuk Tim Promosi
Premier League Mungkin Tidak Menjadi Lebih Ramah Untuk Tim Promosi

Seperti sudah menjadi tradisi di situs bolaitubal.com ini, setiap tahun kami akan mengutak-atik peluang tim mana dari 3 tim promosi English Premier League yang paling bagus kesempatan bertahannya dan mana yang paling rentan terhadap degradasi. Kami menggunakan metode perhitungan yang kami sebut sebagai metode Firetog. Untuk memahami lebih detil bagaimana metode itu dilakukan, silakan ikuti link berikut ini.

Dengan model perhitungan di atas, sayangnya memasuki musim baru 2019/2020, EPL sepertinya akan menjadi tempat yang makin tidak ramah untuk para pendatang alias para tim promosi. Ketidakramahan ini adalah berkat penampilan dua tim promosi musim lalu, Fulham dan Cardiff yang boleh dibilang hancur-hancuran. Meski Wolves mampu mendobrak tradisi dengan menjadi tim promosi terbaik dalam 1 dekade terakhir dengan menempati posisi 7 klasemen akhir, namun sumbangsih Fulham dan Cardiff-lah yang membuat kalkulasi peluang tim promosi makin sulit untuk dapat sekedar bertahan.

Premier League Mungkin Tidak Menjadi Lebih Ramah Untuk Tim Promosi

Tabel di atas menunjukkan bagaimana peruntungan tim-tim promosi di musim perdananya kembali berlaga di EPL dalam 5 musim terakhir. Performa Fulham dan Cardiff musim lalu membuat nilai rata-rata gol dan kebobolan tim promosi berkurang dan meningkat dalam sekejap. Rata-rata gol tim promosi sebelum era Fulham dan Cardiff, bergerak di angka -36, yang kini turun menjadi -39. Sedangkan angka kebobolan yang sebelumnya ada di kisaran 16-17, kini meningkat menjadi 19.

performa Wolves yang ciamik hampir tak berarti apa-apa dalam perhitungan ini berkat buruknya penampilan Fulham dan Cardiff. Namun, berkaca pada sejarah, Wolves kemungkinan besar tetap akan mampu bertahan di musim keduanya nanti. Sekarang, mari kita lihat bagaimana prediksi tim-tim promosi kita musim ini dengan berkaca dari performa ketiganya musim lalu.

Premier League Mungkin Tidak Menjadi Lebih Ramah Untuk Tim Promosi

Dengan menggunakan metode Firetog, maka tiga tim promosi, Norwich, Sheffield United, dan juga Aston Villa, semuanya kami prediksi akan mengalami kesulitan mengarungi kancah Premier League 2019/2020. Tidak akan ada the next Wolves, bahkan tidak juga the next Newcastle, yang sanggup menembus posisi 10 di 2 musim sebelumnya. Ketiganya kami prediksikan bakal berjibaku di kisaran posisi 16, 17 dan 18. Menarik ditunggu siapakah yang akan terdegradasi diantara ketiga tim ini.

Pada musim 2017/2018, Manchester City membuat efek kejut luar biasa untuk EPL dengan meraih tonggak Centurion. Musim 2018/2019 yang baru lalu, Liverpool akhirnya berhasil membuntuti level City dengan meraih 97 poin hingga pekan terakhir. Bukan tidak mungkin, anggota top six lainnya akan terlecut untuk meraih level performa yang sama. Itu artinya, di sisi lain, untuk non anggota papan atas, akan semakin kesulitan bernapas jika tidak segera berbenah dengan dana melimpah.

Prediksi bahwa Premier League Mungkin Tidak Menjadi Lebih Ramah Untuk Tim Promosi bisa saja akan menjadi kenyataan. Tentu saja, ini hanyalah hitung-hitungan sederhana dari seorang fans sepakbola. Entah nantinya benar atau tidak, semuanya akan tergantung pada banyak hal yang tentunya akan sangat sulit diperkirakan. Bagaimana menurut Anda?
Share This :