Prediksi Chelsea vs Manchester United, 20 Oktober 2018

Prediksi Chelsea vs Manchester United, 20 Oktober 2018

Sementara banyak lampu sorot lebih mengarah kepada kondisi internal Manchester United menjelang pertandingan ini, Maurizio Sarri diam-diam sudah berhasil mengubah mental Chelsea untuk kembali menjadi pemburu gelar yang layak. Tanpa banyak cakap ataupun riak euforia berlebihan, Chelsea sudah melewati 8 laga tanpa kalah. Satu laga lagi tanpa kalah malam nanti, mereka bakal menyamai pencapaian terbaik di musim 2005/2006 dan 2014/2015, musim dimana mereka berhasil merengkuh gelar juara.

Di sisi lain, tak dapat disangkal, Jose Mourinho adalah legenda Chelsea. Banyak momen-momen hebat yang tercipta selama masa kepemimpinannya di Stamford Bridge. Namun, lain halnya ketika Mourinho bertindak sebagai tim tamu ke stadion ini, rekornya tak lagi dapat dibanggakan.

Sudah 4 kali Mourinho bertandang ke Bridge dengan hasil 1 kali menang dan 3 kali kalah. Satu-satunya kemenangan didapat saat ia menukangi Inter Milan pada 2010. Saat itu, Chelsea dibuat tak berkutik dengan mengalami kekalahan kandang dan tandang atas Inter-nya Mourinho. Seperti kita tahu, pada tahun tersebut Inter akhirnya meraih treble yang bersejarah. Media saat itu menyebut gaya taktik Mou sebagai Defensive Masterpiece yang pernah ada.

Bagaimana dengan 3 kekalahan yang diderita Mou? Semuanya ternyata terjadi saat Mou menukangi Manchester merah. Salah satu kekalahan yang mungkin paling menyesakkan, adalah kekalahan telak 4-0 atas Chelsea-nya Antonio Conte, kekalahan yang sempat membuat hubungan Mou dan Conte memburuk karena Mou menganggap Conte tak menghormatinya dengan melakukan selebrasi berlebihan. Saat itu, media menyebut bahwa lini belakang MU tampil sangat buruk sehingga mudah untuk dihancurkan.

Jadi, apa poin pentingnya? Bagaimana seorang master yang terkenal dengan sistim pertahanan mumpuni tetiba menjadi pesakitan? Seorang pundit dari Skysports menyebut bahwa defensive display ala Mourinho, mungkin, sudah ketinggalan zaman. Empat tim teratas saat ini, Man City, Liverpool, Chelsea dan Arsenal, semuanya menerapkan sepakbola high pressing yang lebih modern. Sementara MU justru menerapkan strategi bertahan dan mengandalkan counter attack. Logikanya, jika lawan membangun serangan dari lini belakang, maka counter attack tidak akan dapat berjalan.

APAKAH MANCHESTER UNITED DAPAT MENCURI KEMENANGAN?

Jawabannya adalah bisa. The Blues sendiri bukannya tanpa kelemahan. Arsenal sudah mengekspos kelemahan lini belakang Chelsea di pekan kedua. Dengan skema 4-3-3 dan mengoptimalkan peran para full-backs, MU seharusnya dapat meng-overload area pertahanan Chelsea.  Di beberapa pertandingan musim ini, ketika MU mau keluar dari taktik bertahannya, mereka sebenarnya masih cukup kuat kalau tidak mau dibilang sangat bagus.

Pertanyaannya sekarang, maukah Mou bermain menyerang dan menerapkan high pressing? Saya tidak yakin. Dengan duet bek semacam Chris Smalling dan Victor Lindelof, saya tidak yakin Mou akan frontal menyerang. Prediksi saya, Mou sekali lagi akan bermain bertahan mati-matian dengan posesi bola yang kemungkinan besar akan jomplang. Ah, so typical. Saya sangat berharap saya salah. Saya sangat berharap MU bermain menyerang dan menyuguhkan pertandingan yang luar biasa. Semoga.

Prediksi Chelsea vs Manchester United : 2-1
(hasil : Flashscore)
Share This :