Prediksi Liverpool vs Manchester City, 07 Oktober 2018

Prediksi Liverpool vs Manchester City, 07 Oktober 2018

The Real Super Sunday, mungkin itu julukan paling pas untuk menyebut akan betapa dahsyatnya partai Liverpool vs Manchester City malam nanti. Kedua tim adalah representasi paling tepat dari tingkat selanjutnya level Premier League saat ini. Penuh dengan kreatifitas, determinasi tinggi dari para pemain, open play, dan sama-sama menampilkan permainan cepat yang enak ditonton. The real deal match!

Dari 4 pertemuan antara kedua tim musim lalu, baik Juergen Klopp maupun Pep Guardiola sama-sama mengusung skema 4-3-3. Artinya, kedua tim memang sudah telanjur identik dengan skema all out attack. Yang membedakan, 4-3-3 ala Pep lebih menekankan pada penguasaan bola dan ruang, mendominasi setiap aspek di atas lapangan, sedangkan 4-3-3 ala Klopp menekankan pada pressing yang tinggi, mendesak lawan untuk melakukan kesalahan demi kesalahan, lalu menghabisi mereka layaknya sekumpulan piranha ganas yang kelaparan.

Musim ini, skema kedua tim tidak banyak berubah dan masih menampilkan permainan yang sama-sama enak ditonton. Hanya saja, setelah start yang kencang dan sempurna, Liverpool tampak sedikit kehausan belakangan ini dengan telah melalui 3 pertandingan tanpa kemenangan di semua ajang. Bahkan The Reds hampir saja menodai rekor unbeaten mereka di liga musim ini setelah tertinggal 1-0 atas Chelsea hingga ujung pertandingan. Beruntung, seperti yang pernah saya sebutkan sebelumnya, 1 gol spektakuler Daniel Sturridge berhasil menyelamatkan 1 poin untuk Si Merah. Gol yang sangat mungkin menjadi goal of the month atau malah mungkin goal of the season.

Sebaliknya bagi Man City, meski ada sedikit hambatan di awal, namun hanya membutuhkan 7 pekan bagi Sergio Aguero dan kawan-kawan untuk kembali dan menguasai puncak klasemen sementara. Sempat disebut kehilangan motivasi setelah musim sempurna tahun lalu, bahkan kalah di kandang sendiri dari Lyon di Liga Champions, perlahan namun pasti The Cityzen meraih kemenangan demi kemenangan secara teratur.

Meski demikian, lawatan ke Anfield Stadium tak akan pernah mudah untuk City. Si Biru tak pernah menang di kandang Liverpool dalam 15 tahun belakangan ini. Lima belas tahun! Rekor seperti itu, melawan tim yang bahkan belum pernah memenangkan gelar Premier League, jelas bukan pertanda baik bagi sang tamu. Terakhir kali City berhasil mencuri kemenangan di Anfield terjadi di Bulan Mei 2003.

Jika dirunut lebih rinci lagi, daftarnya akan sangat panjang betapa City kemungkinan besar akan tetap sulit menang malam nanti. Dengan sama-sama sudah melewatkan 7 pertandingan tanpa kalah dan masih unbeaten, ini adalah salah satu pertemuan antara dua tim unbeaten terpanjang dalam sejarah EPL. Sedangkan rekor tim unbeaten vs unbeaten terpanjang masih dipegang oleh partai Manchester City vs Newcatle pada musim 2011/2012, yang saat itu keduanya melewatkan 11 partai tanpa kalah sebelum keduanya bertemu pada pekan ke-12.

Dengan segala superioritas atas City, terlebih ketika tampil di kandang sendiri, Liverpool jelas diunggulkan untuk dapat sekali lagi menodai rekor City, persis seperti yang mereka lakukan musim lalu. Hanya saja, sekali lagi saya harus menyangsikan betapa The Reds tengah dalam performa yang stagnan, terutama Mohamed Salah yang tak kunjung menemukan bentuk terbaiknya. Dengan sudut pandang itu, maka besar kemungkinan hasil partai maha dahsyat ini akan berakhir sama kuat.

Prediksi skor Liverpool vs Manchester City : 1-1
(hasil : Flashscore)
Share This :