Prediksi Arsenal vs Liverpool, 3 November 2018

Prediksi Arsenal vs Liverpool, 3 November 2018

Sejarah pertemuan antara Arsenal vs Liverpool tidak usah ditanyakan lagi karena jelas rekornya sangat panjang. Namun jika Anda bertanya bagaimana rekor pertemuan antara kedua pelatih, Unai Emery vs Juergen Klopp, ternyata jawabannya hanya ada satu kali. Ya, perjumpaan kedua pelatih top ini terjadi 2 tahun lalu, dalam sebuah pertandingan yang mungkin sulit dilupakan, final Europa League 2016.

Saat itu, pasukan Klopp benar-benar mendikte permainan di babak pertama dan membuat Unai Emery yang saat itu melatih Sevilla, mati kutu. Pada akhirnya, Liverpool berhasil unggul 1-0 lewat gol Daniel Sturridge. Dalam buku otobiografi Unai Emery : El Maestro, Coke, yang malam itu berhasil membuat 2 gol untuk Sevilla, menjelaskan bagaimana Emery mampu mengubah arah pertandingan.

"Boss berkata kepada kami agar kami membayangkan sedang bermain di Ramon Sanchez Pizjuan (kandang Sevilla), tempat dimana musim itu kami selalu memenangkan pertandingan. Dan entah bagaimana, seluruh tim seperti mempercayainya dan kami bermain lebih percaya diri di babak kedua."

Malam itu, di babak kedua, Emery meng-copy taktik Liverpool, taktik pressing yang sama yang membuat timnya tak bisa bernapas di babak pertama. Dalam sekilas pandang, Sevilla bahkan tampak lebih Liverpool ketimbang Liverpool itu sendiri. Hasilnya ternyata sempurna. Kevin Gameiro berhasil membuat gol penyeimbang di awal babak kedua, gol yang memaksa Klopp melakukan blunder dengan menerapkan taktik bertahan. Dengan Sevilla berhasil mengambil kendali permainan, Liverpool pun tamat. Skor akhir 3-1 untuk kemenangan Sevilla pun menjadi satu-satunya rekor pertemuan antara Emery vs Klopp.

Apakah kejadian seperti itu akan terulang malam nanti? Saya tidak yakin. Satu hal yang paling membuat saya tak yakin adalah kondisi lini belakang tuan rumah Arsenal yang sedang kritis. Mereka kemungkinan besar akan kehilangan Hector Bellerin, Mavropanos, Nacho Monreal dan juga Kolasinac, lalu menyusul Matteo Guendouzi yang harus absen gara-gara terkena kartu merah di pertandingan tengah pekan di ajang Carabao Cup. Tambal sulam sudah pasti terjadi dimana Granit Xhaka kemungkinan akan ditaruh sebagai bek dan Aaron Ramsey akan mengisi pos yang ditinggalkan Xhaka dan Guendouzi karena gelandang bertahan lainnya, Mohamed Elneny, juga cedera.

Dua kekalahan yang diderita Arsenal musim ini semua didapat atas tim-tim papan atas. Logikanya, dengan skuad full team saja Arsenal mungkin akan kesulitan, bagaimana dengan skuad compang-camping seperti ini? Kendati demikian, rekor Liverpool di Emirates Stadium juga tidak terlalu baik. Mereka hanya 2 kali menang dari 18 lawatan terakhir, meski 2 kemenangan itu berhasil ditorehkan dari 6 laga terkini. Respon Emery terhadap lubang di lini belakangnya akan menjadi poin penting pada pertandingan ini.

Prediksi skor Arsenal vs Liverpool : 1-2
(hasil : Flashscore)
Share This :