Prediksi Manchester City vs Liverpool, 3 Januari 2019

Prediksi Manchester City vs Liverpool, 3 Januari 2019
Prediksi Manchester City vs Liverpool, 3 Januari 2018

Salah satu pertemuan antara Manchester City vs Liverpool yang mungkin paling diingat orang, terjadi musim lalu ketika Liverpool dihancurkan 5 gol tanpa balas di Etihad Stadium. Sadio Mane dikeluarkan dari lapangan karena 'menendang' wajah kiper City, Ederson. Musim itu, hampir tak ada tim yang sanggup menahan laju Cityzens untuk merengkuh gelar Liga Utama Inggris yang ke-5 kalinya sepanjang sejarah. The Mighty Centurion.

Namun, setahun berselang, kegagahan itu seakan mulai menguap terlebih dalam 5 laga terakhir EPL, dimana City mengalami 3 kekalahan, termasuk 2 diantaranya kekalahan mengejutkan atas Crystal Palace di Etihad, disusul kekalahan saat bertandang ke King Power Stadium, kandang milik Leicester. Dalam sekejap, City yang tadinya menjadi satu-satunya pesaing ketat Liverpool dalam perburuan gelar juara, tiba-tiba saja sudah harus tertinggal 7 poin dari Si Merah. Dalam sejarah panjang Premier League, belum pernah ada tim yang sudah unggul 7 poin saat memasuki tahun kalender yang baru, akan gagal merengkuh gelar juara di akhir musim. Inikah pertanda bahwa Liverpool akan merengkuh gelar EPL pertamanya tahun ini?

Man City wajib menang di pertandingan ini jika ingin mengejar ketertinggalan poin. Sanggupkah mereka? Jika menilik sejarah, maka hal itu cukup berat untuk dilakukan. Kemenangan 5-0 musim lalu (dengan catatan bahwa The Reds harus bermain dengan 10 orang sejak menit-menit awal), rupanya menjadi satu-satunya kemenangan City atas Liverpool dalam 11 pertemuan terakhir di semua ajang. Dengan 3 kali hasil imbang dan 7 kali kalah, bisa dibilang Liverpool adalah tim racun bagi City.

Kendati demikian, tak semua statistik buruk memberatkan City. Liverpool sendiri sebenarnya juga tak banyak berbeda jika urusannya adalah rekor head 2 head. The Reds hanya mampu mencuri satu kemenangan dari 9 lawatan terakhir ke kandang City. Ingin tahu catatan yang tak kalah buruknya? Bulan Januari rupanya menjadi bulan yang tak bersahabat untuk The Reds. Tercatat, dalam 17 pertandingan yang dihelat di bulan yang disepakati sebagai bulan pengawal tahun ini, Si Merah hanya sanggup mencatat 5 kemenangan berbanding 7 kekalahan yang diderita. Dalam bahasa ilmiahnya, itu disebut Jinx.

Orang mungkin tak akan terlalu memandang statistik seperti itu, namun dalam sepakbola, Jinx terkadang menjadi pembeda yang sangat krusial. Lalu, siapa yang pantas menang dalam pertandingan ini? Sergio Aguero selalu membuat gol melawan Liverpool dalam 6 penampilan di kandang sendiri. Itu adalah rekor tertinggi 100% untuk seorang pemain yang memiliki rekor gol terhadap satu macam lawan. Di kubu The Reds, Mohamed Salah menjadi bintang karena selalu terlibat dalam 5 gol terakhir yang dicetak The Reds ke gawang City. Jadi, jika menilik dari performa masing-masing individu, maka wajar jika game ini akan berakhir sama kuat.

Prediksi Manchester City vs Liverpool : 1-1
(hasil : Flashscore)
Share This :