Prediksi Barcelona vs Liverpool, 1 Mei 2019

Prediksi Barcelona vs Liverpool, 1 Mei 2019
Prediksi Barcelona vs Liverpool, 1 Mei 2019

Barcelona cukup menikmati musim 2018-19 yang berjalan baik bagi mereka sejauh ini, meskipun boleh dibilang tidak menjadi kekuatan yang mendominasi di seluruh ajang seperti beberapa tahun silam. Perbaikan sistim pertahanan memberi pasukan Catalan determinasi yang lebih baik akhir-akhir ini, yang mengantar kepada trofi La Liga lainnya, yakni ketika mereka mengalahkan Levante dengan skor tipis akhir pekan lalu.

Sejauh menyangkut Liga Champions, Blaugrana dengan nyaman memuncaki Grup B di depan Tottenham Hotspur sebelum akhirnya lolos dari Lyon dan Manchester United di Babak 16 dan perempat final. Dengan final Copa del Rey melawan Valencia sudah di depan mata juga, mimpi meraih treble begitu nyata untuk Barcelona.

Liverpool, di sisi lain, menikmati musim yang tidak biasa sejauh ini. Tersingkir dari piala lokal, tapi bisa memecahkan rekor poin mereka sendiri meski hal tersebut belum cukup untuk memastikan, sampai tulisan ini diangkat, gelar juara yang telah lama diidam-idamkan. Di Eropa, pasukan Jurgen Klopp memulai kompetisi dengan perlahan-lahan sebelum dengan susah payah mencapai babak sistem gugur. Meskipun demikian, pada dua putaran berikutnya, Liverpool menyaksikan sendiri bahwa mereka dapat menjungkalkan nama-nama besar seperti Bayern Munich dan FC Porto.

Seorang pakar taktik terkemuka pernah berkata bahwa pertemuan Barcelona vs Liverpool ini akan menjadi salah satu pertandingan yang paling menarik musim ini. Hal itu tak lepas dari bentrokan taktik yang diusung kedua pelatih, Klopp maupun Ernesto Valverde. Musim ini, Barcelona identik dengan garis pertahanan tinggi yang sering mengintimidasi lawan. Di atas kertas, taktik model ini akan menjadi makanan empuk bagi penyerang-penyerang Liverpool yang memiliki kecepatan tinggi, seperti Mohamed Salah maupun Sadio Mane.

Sebaliknya, Klopp, yang sering mengandalkan kelihaian dua sisi full back-nya, rentan mendapat serangan balik. Leo Messi jangan ditanya, sekali saja salah satu dari 2 full back The Reds terlambat kembali ke posnya, sang alien siap memangsa lawannya. Lagi-lagi di atas kertas, jika strategi dan taktik yang sudah identik ini dipakai kedua pelatih, bukan tidak mungkin pertandingan akan terjadi banjir gol.

Dari faktor sejarah, Barcelona ternyata termasuk tim yang kurang bersinar tiap kali menghadapi tim Inggris di babak semifinal Liga Champions. Menurut catatan, ada 8 kesempatan dimana hal tersebut terjadi, dan Barcelona hanya mampu menang 1 kali berbanding 3 milik tim-tim Inggris. Bahkan terakhir kali The Reds sendiri bertandang ke Camp Nou, mereka mampu mencuri kemenangan saat itu lewat gol-gol yang dicetak Craig Bellamy dan John Arne Riise.

Jadi, dari beberapa faktor di atas, kami prediksikan Liverpool akan mampu memberikan kesan yang baik pada pertandingan ini sebelum bertindak sebagai tuan rumah di leg berikutnya.

Prediksi skor Barcelona vs Liverpool : 2-2
(hasil : Livescore)
Share This :